Senin, 01 Maret 2010

PENGERTIAN APRESIASI SENI

PENGERTIAN APRESIASI SENI
Menikmati , menghayati, menghargai, dan merasayakan suatu objek atau karya seni lebih tepat lagi dengan mencermati karya seni dengan mengerti dan peka terhadap segi-segi estetiknya, sehingga mampu menikmati dan meaknai karya-karya tersebut dengan semestinya.

Kegiatan apresiasi meliputi:
a.Persepsi
Kegiatan ini mengenalkan pada anak didik akan bentuk-bentuk karya seni di Indonesia, misalnya, mengenalkan tarian-tarian, musik, rupa, dan teater yang berkembang di Indonesia, baik tradisi maupun modern. Pada kegiatan persepsi kita dapat mengarahkan dan mengarahkan kemampan dengan mengidentifikasi bentk seni.

b.Pengetahuan
Pada tahap ini pengetahuan sebagai dasar dalam mengapresiasi baik tentang sejarah seni yang diperkenalakan, maupun istilah-istilah yang bisa digunakan di masing-masing bidang seni.

c.Pengertian
Pada tingkat ini, harapan dapat membantu menerjemahkan tema ke dalam berbagai wujud seni, berdasarkan pengalaman, dalam kemampuannya dalam merasakan musik.

d.Analisis
Pada tahap ini, kita mulai mendeskripsikan salah satu bentuk seni yang sedang dipelajari, menafsir objek yang diapresiasi.

e.Penilaian
Pada tahap ini, lebih ditekankan pada penilaian terhadap karya-karya seni yang diapresiasi, baik secara subjektif maupun objektif.

f.Apresiasi
Apresiasi merupakan bagian dari tujuan pendidikan seni di sekolah yang terdiri dari tiga hal; value (nilai,) empathy, dan feeling. Value adalah kegiatan menilai suatu keindahan seni, pengalaman estetis dan makna atau fungsi seni dalam masyarakat. Sedangkan empathy, kegiatan memahami, dan menghargai. Sementara feeling, lebih pada menghayati karya seni, sehingga dapat merasakan kesenangan pada karya seni.

16 komentar:

  1. Assalamu'alaikum......
    Pak ini sama Siska(x-rpl)

    BalasHapus
  2. tresna n

    hadirr.........

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum Wr. Wb!!!
    Pak, ini miftah!!! tugas teh yang unsur-unsur apresiasi bukan ???? tapi di blog bapak g' ad apresiasi yang ada juga kegiatan apresiasi. jadi we saya ngambil yang itu.

    BalasHapus
  4. pak!!! didieu ge ravi ma hadir.....

    XI ........

    BalasHapus
  5. tidid... .
    tidid.. . . . .

    nu kasep gend ngahdiran absen ddieu.. . .

    derind

    BalasHapus
  6. miftah...ya sama saja...ini bahan ny

    BalasHapus
  7. makasih artikelnya sangat membantu saya :)

    BalasHapus